Home » » Kenali Masalah Kesehatan Melalui Kuku

Kenali Masalah Kesehatan Melalui Kuku

Written By Unknown on Selasa, 22 Oktober 2013 | 15.22


Kuku adalah salah satu bagian dari anggota tubuh kita yang menjadi lambangkecantikan dan kesehatan. Kuku elok dan cantik akan memberikan nuansa keindahan dan pesona tersendiri pada tangan wanita sehingga sehingga berpengaruh postif pada penampilannya secara umum.
Kuku juga memegang peranan penting dalam melindungi ujung-ujung jari, baik jari tangan maupun jari kaki. Dengan hanya melihat kuku seorang dokter bisa mengetahui kondisi kesehatan pasien secara umum, sebab kuku bisa mencerminkan segala bentuk gangguan yang diderita tubuh. Oleh karena itu, kita harus mengetahui bagaimana cara melindunginya dari berbagai hal yang bisa mempengaruhi penampian wanita secara umum
Biasanya kuku mengalami beberapa masalah dan Anda harus paham cara mengatasinya, seperti:
  1. Apa Arti Kuku Cepat Lepas?
Sama halnya seperti rambut yang lemah, kuku yang lemah pun mudah lepas. Hal ini bisa dikarenakan beberapa faktor, misalnya perubahan musim atau terlalu sering terkena sabun dan bahan – bahan kimia yang bercampur dengan air dalam jangka waktu lama. Disamping itu kekurangan vitamin seperti vitamin B6 atau vitamin A serta kekurangan zat besi dan zinc juga bisa menyebabkan pelepasan kuku dengan cepat.
Untuk mengatasi masalah ini, penderita disarankan mengkonsumsi suplemen pelengkap atau vitamin – vitamin yang diresepkan oleh dokter.
  1. Kuku Tebal
Penebalan kuku ditimbulkan oleh beberapa penyakit kulit yang menyebabkan pertumbuhan kuku secara cepat sehingga tidak memberikan kesempatan sel-sel kulit dibawahnya untuk tumbuh secara normal, sehingga sel-sel itu pun langsung lengket dengannya dan menjadi kuku yang agak tebal.
  1. Permukaan Kuku Tidak rata
Pada permukaan kuku sebagian orang kadang tampak garis-garis panjang dan menonjol. Hal ini semakin meluas seiring dengan penuaan usia. Yang diakibatkan oleh faktor keturunan atau karena si pemilik kuku menderita penyakit tertentu, misalnya rematik atau penyakit syaraayiin (arteri).
  1. Kuku lengket dengan daging jari
Masalah ini biasanya terjadi pada kuku-kuku kaki. Penyebabnya bisa dikarenakan proses pemotongan kuku yang salah atau karena pemakaian sepatu terlalu sempit. Dalam kondisi demikian, si pemilik kuku akan merasakan sakit yang sangat hebat, juga akan terinfeksi bakteri yang lebih lanjut melahirkan banyak penyakit
Jika mengalami masalah seperti poin 2, 3 dan 4 penderita harus berkonsultasi dengan dokter ahli yang akan memberinya resep pengobatan yang cocok.
Untuk menghindari masalah kuku seperti diatas, maka kita harus merawatnya sejak dini agar tetap sehat dan cantik, simak tipsnya di bawah ini :
  1. Oleskan petroleum jelly pada kutikula dan kulit sekeliling kuku untuk menjaga kuku anda agar tetap lembab. Jika tidak ada anda bisa menggunakan minyak zaitun sebagai penggantinya
  2. Saat anda melakukan pekerjaan rumah seperti mencuci , menyikat kamar mandi dll, gunakanlah sarung tangan untuk menjaga kuku agar tidak rusak dan terkena kotoran / zat kimia yang kurang baik untuk kesehatan kulit dankuku anda.
  3. Lakukanlah pemijatan pada kuku sekitar 2-3 menit untuk memperlancar peredaran darah ke kuku.
  4. Agar kuku menjadi kuat dan tidak mudah patah, gunakan belimbing sayur kemudian gosok-gosokan di dasar kuku atau dapat juga direndam ke dalam cuka apel.
Oleh karena itu salah satu perangai Fitrah dalam Islam tentang adanya perintah memotong kuku maka sudah seharusnya kita menjaga kesehatan. Karenasesungguhnya mencuci kuku itu tidak membuat kuku bersih dari kuman dan kotoran, karena air tidak mencapai bagian bawah kuku.
MSF
Sumber : Surat Kabar Al-Ahram, edisi 27 juni 1997

0 komentar:

Posting Komentar

Category










Flag Counter

Blogger templates