Home » » Tips Mengubah Hobi Menjadi Peluang Bisnis

Tips Mengubah Hobi Menjadi Peluang Bisnis

Written By Unknown on Selasa, 22 Oktober 2013 | 15.09

Apa hobi Anda? Apakah hobi Anda memancing atau mengumpulkan gemerincing? Apakah hobi Anda menyanyi atau melukis? Apakah hobi Anda bisa menghabiskan uang atau malah bisa menarik uang. Hayooo coba Anda pelajari hobi yang bisa menjadi peluang bisnis. Bagaimana menciptakan hobi bisa menjadi hoki. Bagaimana menciptakan sampah bisa berubah rupiah. Begitulah nasihat dari pakar bisnis yang sering kita dengar. Berbicara tentang hobi maka bila kita tekun dan konsisten menekuninya, tidak menutup peluang dan kemungkinan bahwa suatu saat nanti pasti akan menjadi bisnis yang menjanjikan. Nah, berangkat dari pemikiran sederhana inilah, maka banyak sekali para pemula yang serius berburu berbagai bacaan dan buku yang mengupas tentang tips mengubah hobi menjadi peluang bisnis. Apalagi dengan semakin terbukanya era informasi, maka materi seperti itu dengan mudahnya kita dapatkan di internet.
Berikut ini beberapa tips mengubah hobi menjadi peluang bisnis :
  • Pertama, ciptakan peluang. Maksudnya adalah sebisa mungkin bisnis yang kita rintis bisa menciptakan peluang kerja bagi semua orang. Jadi bermanfaat bagi umat dan masyarakat. Contoh nyata: kita memiliki hobi memelihara ikan gurami. Bermula dari hobi itulah, maka kita merintis kolam gurami, mengedukasi masyarakat tentang cara memelihara gurami, dan kemudian bersama-sama merintis perkampungan atau sentra budidaya gurami.
  • Kedua, berbagilah. Jangan pelit kalau sudah punya berjuta ilmu dan banyak pengalaman.  Ilmu itu tidak akan hilang karena dibagi, kita tidak akan miskin karena berbagi. Tulislah semua yang kita miliki di milis, di media dan jejaring sosial, serta jangan lupa untuk menulis buku agar ilmu yang kita miliki bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi orang lain. Karena dengan menulis buku, maka kita pasti dianggap orang lain sebagai pakar atau ahli sehingga akhirnya arahan kita dalam buku menjadi panduan orang atau pembaca untuk memulai bisnis yang sama.
  • Ketiga, ikutilah dan selanjutnya ciptakan komunitas. Pertama kalinya tentu kita bisa bergabung dengan komunitas yang memiliki hobi yang sama dengan kita. Misalnya kita hobi menulis, maka kita bisa bergabung dengan forum menulis yang memiliki reputasi bagus. Alternatif lainnya, kita bisa menciptakan atau mendirikan komunitas menulis tersendiri.
  • Keempat, bersilaturahmi. Bersilaturahmi itu memperluas rejeki dan memperpanjang umur. Dengan bersilaturahmi, maka pikiran kita akan terbuka, ilmu dan pengalaman pun ikut bertambah karena kita berinteraksi dan bergaul dengan banyak orang. Pertemanan dan jejaring adalah kunci sukses untuk mengembangkan bisnis kita nantinya.
  • Kelima, meluruskan niat dan berdoa. Nah inilah yang tidak boleh kita lupakan, karena semua kesuksesan kita pastilah ditentukan oleh Allah.
Nah, inilah lima tips mengubah hobi menjadi peluang bisnis. Selamat mencoba. Semoga SUKSES!

0 komentar:

Posting Komentar

Category










Flag Counter

Blogger templates